• info@girisukadana.co.id
  • (0273) 324044
News Photo

Pengembangan Aplikasi Manajemen Surat Masuk dan Surat Keluar (Masdaku) di BPR Giri Suka Dana

Perkembangan teknologi infromasi telah merambah ke berbagai aspek termasuk kearsipan. Dalam melakukan kegiatan administrasi sehari-hari, suatu perusahaan maupun instansi pasti akan menghasilkan banyak data yang salah satunya berasal dari arsip. Arsip merupakan rekaman atau bukti kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau instansi. Peran penting dari suatu arsip yaitu dapat dijadikan sebagai sarana dalam pengambilan keputusan. Arsip juga akan menjadi dasar referensi dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul.

Dengan seiring berjalannya waktu, berkas-berkas arsip pasti akan semakin banyak dan menumpuk. Hal tersebut dapat mempersulit petugas kearsipan dalam pengelolaan arsip. Maka, diperlukan bantuan software pengelola arsip dalam mempermudah petugas arsip. Saat ini banyak sekali metode pengarsipan baik yang manual maupun sudah terkoneksi dengan sistem.

Penjaringan ide ini dilakukan guna mempermudah petugas kearsipan dalam pengelolaan arsip khususnya pengarsipan surat. Maraknya perkembangan teknologi di bidang pengarsipan membuat perusahaan harus mengembangkan aplikasi yang dapat mengakomodir keperluan pegawainya. Batuan software pengelola arsip diperlukan guna mempermudah petugas arsip.

Ide aplikasi muncul karena untuk mempermudah karyawan atau petugas pengarsipan dalam melakukan arsip berkas. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis web yang befungsi sebagai saran dalam pengelolaan administrasi kesekretariatan yang bukan bersifat rahasia, pengeluaran surat, pencarian surat masuk maupun surat keluar. Aplikasi manajemen surat (MASDAKU) adalah sebuah inovasi aplikasi yang digunakan untuk mencatat apabila terdapat surat masuk dan surat keluar. Aplikasi ini bertujuan untuk memanajemen surat sehingga mempermudah penggunanya untuk mengakses surat jika suatu saat dibutuhkan. Selain, surat aplikasi ini juga digunakan untuk menginput nomor surat cuti dan surat keputusan. Manfaat yang didapatkan dengan adanya aplikasi ini adalah petugas dan karyawan dapat dengan mencari dan menemukan berkas atau dokumen yang diperlukan dapat memakan waktu yang banyak. Aplikasi ini memiliki bebragai menu diantaranya adalah menu pengolahan surat, menu penerimaan surat, menu surat keluar, alat bantru temu kembali, dan lain sebagainya. Dengan memanfaaykan suatu software pengelola arsip, pengolaan arsip dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam melakukan askes data arsip yang telah tersimpan.

Dampak positif yang didapatkan dari adanya aplikasi ini adalah dapat mempermudah pimpinan perusahaan dalam pengambilan keputusan. Pegawai dan petugas cepat dalam melakukan pencarian berkas atau dokumen sehingga tidak banyak membuang waktu.

Hasil yang didapatkan dari adanya aplikasi MASDAKU ini adalah dapat memenejemen surat masuk dan surat keluar dengan baik sehingga surat tidak mungkin tercecer dan memudahkan pimpinan dalam mengambil keputusan.

Share This News

Comment

Pertanyaan anda belum terjawab? Hubungi kami...