• info@girisukadana.co.id
  • (0273) 324044
News Photo

Pengembangan Absensi Berbasis Apk Agar Memudahkan Pegawai Dalam Melakukan Absensi

Kemunculan aplikasi yang didorong oleh perkembangan teknologi dan informasi yang semakin hari semakin pesat. Akses yang cepat dan akurat sangat menjadi perhatian saat ini. Begitu juga dalam melakukan absensi di sebuah perusahaan membutuhkan sebuah inovasi aplikasi yang mendukung kemajuan sumber daya manusia di sebuah perusahaan. Perusahaan yang maju adalah perusahaan yang dibentuk dengan sumber daya manusia yang disiplin.

Salah satu penilaian dalam kinerja karyawan adalah absensi. Berawal dari absensi manual yang sebelumnya tidak efektif karena belum mangakomodir segala hal yang berkaitan dengan absensi misalnya sistem penggajian dan rekap absensi maka PT BPR BANK GIRI SUKA DANA WONOGIRI (PERSERODA) meluncurkan aplikasi absensi yang terintegrasi dengan sistem dalam database yang dapat diakses secara transparan oleh karyawan maupun perusahaan.

Maraknya digitalisasi menumbuhkan rasa kepekaan terhadap kemajuan teknologi di PT BPR BANK GIRI SUKA DANA WONOGIRI (PERSERODA), pemilihan ide absensi melalui absensi online ini agar karyawan mudah, cepat, dan efektif dalam melakukan absensi serta mengurangi kecurangan dalam absensi. Bentuk absensi yang beranekaragam saat ini membuat perusahaan perlu untuk mengembangkan sistem absensi guna mendukung kemajuan sumber daya manusia perusahaan yang disiplin.

PT BPR BANK GIRI SUKA DANA WONOGIRI (PERSERODA) memberikan wajah baru terhadap sistem absen melalui inovasi aplikasi absensi HRM+. Absensi HRM+ ini dilakukan melalui smartphone sehingga dilakukan secara online. Karyawan bisa melakukan check in dengan cara mengirimkan foto selfienya sehingga keberadaannya dapat dilacak oleh sistem. Data yang masuk pun dapat diakses secara transparan oleh karyawan maupun perusahaan.

Kemunculan aplikasi absensi ini karena saat ini sistem absensi karyawan sebenarnya memiliki berbagai macam bentuk, seperti absensi manual melalui buku tertulis, fingerprint, dan lain sebagainya. Akan tetapi absensi yang sperti itu banyak memberikan kecurangan karyawan dalam setiap transaksi absensi. Sehingga memberikan rasa kelonggaran terhadap kedisiplinan karyawan. Untuk meminimalisasi kecurangan absen diperlukan suatu inovasi yang berguna untuk meningkatkan kepercayaan perusahaan terhadap kedisiplinan karyawan yaitu melalui sebuah inovasi aplikasi absensi yang memberikan bukti nyata terhadap kehadiran karyawan yang dapat dilacak oleh sebuah sistem.

Tujuan dari inovasi Aplikasi Absensi HRM+ ini menjadi solusi untuk mengurangi manipulasi absensi pegawai serta untuk mempermudah pegawai unntuk dapat melakukan absensi meskipun sedang di lapangan. Sedangkan, manfaat dari Aplikasi Absensi HRM+ antara lain:

1) Lebih fleksibel dan hemat,

2) Mencegah terjadinya kecurangan absensi,

3) Data yang masuk dalam sistem lebih akurat,

4) Aplikasi ini juga memberikan kemudahan dalam rekapitulasi dan integrasi data lebih mudah serta dapat dipantau secara realtime.

Dengan adanya aplikasi abensi HRM+ memberikan dampak yang dapat dirasakan langsung baik di bidang SDM maupun bagi pegawai sendiri. Dengan hadirnya aplikasi ini memberikan kepercayaan penuh kepada pegawai bahwa dapat melakukan absensi dimanapun berada karena ditentukan dengan titik lokasi saat pegawai melakukan foto selfie. Selain itu ,dengan kehadiran aplikasi ini memudahkan untuk merekap absen harian sehingga dapat digunakan juga untuk merekap penggajian pegawai. Maka dari itu, aplikasi absensi HRM+ ini merupakan aplikasi yang sangat efektif dan efisien untuk mengakomodir kebutuhan data di bidang SDM.

Hasil dari adanya inovasi ini adalah dapat mempermudah pegawai dalam melakukan absensi meski sedang di lapangan. Aplikasi ini juga memberikan bukti nyata terhadap kehadiran karyawan. Dengan begitu, pegawai akan lebih disiplin dan data dapat terakomodir dengan baik karena data lebih akurat.

Share This News

Comment

Pertanyaan anda belum terjawab? Hubungi kami...